Seputar Peradilan

UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN

pa-cikarang.go.id | 11 Nopember 2019
Menindaklanjuti Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor:1561/SEK/HM.01.2/11/2019 perihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019, Pengadilan Agama Cikarang sebagai salah satu Lembaga Peradilan Mahkamah Agung RI menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-74 di halaman kantor Pengadilan Komp. Pemda Blok E2 Sukamahi Kabupaten Bekasi pada Senin 11 November 2019 tepat pukul 08.00 WIB.


Tema pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 adalah “Aku Pahlawan Masa Kini”. Diikuti seluruh unsur Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Pegawai, Staff dan Calon Hakim (Cakim), Drs. Chalid L MH selaku Ketua bertindak sebagai Pembina Upacara, Miftahul Jannah, SHi selaku Cakim bertindak sebagai Pemimpin Upacara, Taufiqoh Bina Ariani, SE selaku Kasubag PTIP bertindak membacakan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Aniq Fitrotulizza, S.HI selaku Cakim bertindak membacakan pesan-pesan dari para Pahlawan Nasional, dan Drs. Sayuti selaku Hakim bertindak membacakan do’a pada upacara bendera yang dilaksanakan dengan hikmad.


Drs. Chalid L, MH menyampaikan amanat Menteri Sosial RI pada upacara Peringatan Hari Pahlawan, dengan peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan dan menjadi pahlawan pada masa sekarang dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, “Dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI dengan cara menolong sesama yang terkena musibah, tidak menyebarkan hoax, dan tidak melakukan perbuatan merugikan orang lain adalah bagian dari aksi pahlawan”.
“Dengan menorehkan prestasi diberbagai bidang kehidupan, memberi kemaslahatan bagi sekitar dan mengharumkan nama bangsa dimata dunia adalah cara pahlawan masa kini menyampaikan semangat kepahlawanan,” tambah Pembina Upacara dalam menyampaikan amanat upacara,sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa "....hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar...".


"Berikan Aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Dan berikan aku 10 pemuda , niscaya akan ku guncang dunia" salah satu Kata mutiara berupa pesan-pesan dari pahlawan nasional yang dibacakan pada saat pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan diharapkan dapat membangkitkan semangat warga negara Indonesia pada kemajuan bangsa.
Selamat Hari Pahlawan 2019, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu negeri.
(Rini)