Seputar Peradilan

SURVEILLANCE APM OLEH TIM BADILAG MA RI


pa-cikarang.go.id | 24 Mei 2019


Setelah sistem Akreditasi Penjaminan mutu erjalan 1 tahun di Pengadilan Agama Cikarang, saatnya tiba Tim assesor Eksternal melaksanakan Surveillance dalam rangka menilai kembali sejauh mana keberlanjutan APM di PA Cikarang.


Tim Surveillance yang datang ke PA Cikarang yaitu dari Badan Peradilan Agama MA RI yang diketuai langsung oleh Bapak Sekretaris Dirjen Badilag MARI Bapak Drs. Arif Hidayat, S.H, M.M , Abdul Halim, S.H, M.H, dan Wahyu Setyawan, S.H. mereka yang datang secara diam-diam langsung mendatangi petugas layanan PTSP dan menyamar menjadi Para Pihak berperkara. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana implementasi pelayanan perkara di PTSP Pengadilan Agama Cikarang.


Hari itu, senin tanggal 17 Juni 2019, Pelaksanaan Surveilance APM dimulai, tim asessor langsung meminta eviden pelaksanaan APM yang berjalan selama 1 tahun terakhir. Bidang yang diperiksa meliputi eviden 7 kriteria APM beserta implementasinya, Zona Integritas, manajemen layanan Publik dan PTSP serta Sarana dan Prasarana. Surveilance berjalan selama 3 hari dan berakhir pada tanggal 19 Juni 2019.


Clossing meeting yang menandakan bahwa surveilance selesai, disambut hangat oleh seluruh Pegawai dengan menyerukan Yel-yelnya. Saat Closing meeting berlangsung, Tim menyampaikan ekspose temuan-temuan dan memberikan arahan-arahan seputar peningkatan sistem akreditasi Penjaminan mutu, dan diakhiri dengan penandatanganan kontrak kinerja penyelesaian temuan APM hingga tanggal 18 Juli mendatang.


Semoga temuan-temuan ini dapat segera diselesaikan sehingga PA Cikarang tetap dapat mempertahankan akreditasi A excellent nya.


Red : diana