Seputar Peradilan

APEL SENIN PAGI DAN SORE SEBAGAI SARANA KORDINASI


pa-cikarang.go.id | 29 Maret 2019


Apel senin pagi dan jum’at sore bukanlah sekedar konsep sederhana sebagaimana dipahami selama ini, dan bukan sekadar kegiatan rutin seorang pegawai untuk kemudian disebut sebagai pegawai rajin dan berkinerja, lalu diberi reward tanpa mempertanyakan lebih jauh kontribusi real mereka terhadap kemajuan organisasi.
Idealnya, konsep apel pagi harus dijalankan dalam dua perspektif sekaligus, yakni sebagai tanggung jawab terhadap layanan publik dan tanggung jawab atas kewajiban.
Itulah dimensi yang saling melengkapi sehingga kegiatan apel pagi dan jum’at sore pantas menjadi kebijakan yang terus dipertahankan, dan menjadi kegiatan yang dirindukan oleh setiap pegawai.
Apel senin pagi dan jum’at sore di Pengadilan Agama Cikarang dilaksanakan di halaman parkir depan dan selaku pembina yaitu Ketua , Wakil Ketua dan para Hakim yang yang bertugas secara bergiliran. Apel ini merupakan sarana kordinasi di luar ruangan. Namun Komunikasinya bersifat satu arah dan berkesan formal.
Namun, dengan adanya apel ini, Pimpinan ataupun pembina apel dapat mengevaluasi progress capaian pelaksanaan tugas setiap pegawai secara langsung, sekaligus mendengar permasalahan dan kendala yang mereka hadapi dalam penyelesaian tugas-tugas dimaksud dan dapat pula menjadi sarana informasi lainnya.
Oleh karena itu, apa yang diterapkan Pengadilan Agama Cikarang dalam pelaksanaan apel harus dilihat secara komprehensif dan tidak hanya dalam bingkai formalitas, namun menjadi momentum bagi Pengadilan Agama Cikarang untuk mengevaluasi kembali tujuan awal penerapan kebijakan apel ini.
Semangat apel senin pagi dan jum’at sore harus tetap dijaga dan ditingkatkan.
Selamat mengikuti apel, Semangat berintegritas !!!