Seputar Peradilan

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas

dan Launching Layanan e-Court, PTSP, dan Inovasi

Pengadilan Agama Cikarang

             

              pa-cikarang.go.id | 28 November 2018

            Bertempat di kantor Pengadilan Agama Cikarang, Rabu tanggal 28 November 2018 Ketua PA Cikarang DR. H. Acep Saifuddin, S.H, M.Ag, resmi mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Penandatanganan Pencanangan disaksikan oleh Plt Bupati dan unsur Forkopimda Kabupaten Bekasi. Dan yang paling istimewa dari acara ini , bahwa Pencanangan tersebut disaksikan pula oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI DR. Drs. H. Aco Nur, S.H, M.H dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat Drs. H. Bahrussam Yunus, S.H, M.H.
Acara ini dihadiri pula oleh Ketua Pengadilan Agama di Wilayah Jawa Barat dan beberapa anggota Peradi, advokat yang beracara di Pengadilan Agama Cikarang serta tamu undangan lainnya.

            Pada kesempatan yang sama, Pengadilan Agama Cikarangpun berhasil meluncurkan layanan e-Court Mahkamah Agung RI, meski PA Cikarang bukan sebagai Pilot Project dalam Program Mahkamah Agung tersebut, namun PA Cikarang berhasil membuktikan eksistensinya di dunia Peradilan Agama dalam rangka mendukung penuh program prioritas Badilag, terbukti sampai dengan tanggal 27 November 2018 sebanyak 7 perkara telah terdaftar di Pengadilan Agama Cikarang melalui aplikasi e-Court.

            Selain layanan e-Court, Pengadilan Agama Cikarangpun meresmikan operasional Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ) sesuai Surat Keputusan Dirjen Badilag mahkamah Agung RI Nomor : 1403b/DJA/SK/OT.01.3/8/2018 tentang Pedoman Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada Badan Peradilan Agama dan meluncurkan 2 (dua) Inovasi Layanan yang bernama Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Perkara ( Silara PA Cikarang ) dan aplikasi e-Survei Kepuasan Masyarakat.

         Plt Bupati Kabupaten Bekasi dalam Pidatonya sangat antusias terhadap acara Pencanangan ini dan beliau menyampaikan ungkapan terima kasihnya karena Pengadilan Agama Cikarang merupakan satu-satunya institusi di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi yang telah mencanangkan Pembangunan Zona Integritas ini, dan beliaupun menyampaikan bahwa PA Cikarang dengan ide kreatifnya berhasil menciptakan inovasi yang cemerlang dalam rangka Pelayanan Prima kepada Masyarakat terutama Para Pencari Keadilan.

           Dalam sambutannya Bapak Dirjen sangat mengapresiasi atas Pencanangan Pembangunan Zona Integritas dan harapannya agar Pengadilan Agama Cikarang dapat terus mewujudkan diri sebagai Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Selain daripada itu, Beliaupun menyampaikan apresiasinya atas implementasi layanan e-Court, PTSP, Inovasi Silara dan e-SKM serta menghimbau kepada seluruh Pengadilan Agama se-Wilayah Jawa Barat agar secepatnya mengimplementasikan e-Court tersebut dan terus berinovasi tiada henti demi sebesar-besarnya pelayanan prima.

          Sebagai Penutup acara, Dirjen Badilag dengan resmi melaunching Layanan e-Court , PTSP, Silara dan e-SKM. Usai sesi tersebut, maka bersama-sama mengunjungi objek layanan yang telah dilaunching

               Semoga dengan adanya launching tersebut, PA Cikarang semakin mantap untuk melangkah tegap dalam rangka memberi Pelayanan Prima kepada Para Pencari Keadilan.

Redaktur : Diana