Seputar Peradilan

EVALUASI KINERJA PADA SUB KESEKRETARIATAN

pa-cikarang.go.id | 05 November 2018

Bertempat di Ruang Kerja Sekretaris PA Cikarang, Rapat evaluasi Kesekretariatan dilaksanakan pada pukul 13.30 wib. Rapat dihadiri oleh Sekretaris, Kasubag Kepegawaian & Ortala, Kasubag Perencanaan, IT dan Pelaporan, Kasubag Umum dan keuangan, dan 2 orang staff pelaksana. Rapat dibuka dan dipimpin langsung oleh Sekretaris. Rapat ini dilaksanakan dalam rangka mengevaluasi pekerjaan tahun 2018, guna dapat mengukur kekurangan dan keberhasilan, dan sejauhmana sukses tidaknya program kerja yang telah menjadi komitmen masing-masing.

Pada rapat evaluasi, masing –masing mengemukakan hasil kerja yang telah dicapai dan yang belum dicapai serta mengemukakan kendala yang dihadapi serta membahas solusi atas pemecahan masalah yang dihadapi.

Bulan ini akan disibukan dengan pemenuhan dokumen zona integritas, Laporan Reformasi birokrasi yang rata rata semuanya didapat dari dokumen kesekretariatan, untuk itu Sekretaris sebagai atasan langsung di Sub Kesekretariatan mengingatkan agar seluruh pejabat terus semangat karena semua pekerjaan terus dipacu oleh waktu.

“Mulai bulan Februari, kita berpacu lagi dengan SAPM yang sekarang dinamakan APM, untuk itu dokumen dokumen APM agar diteruskan dari sejak bulai mei 2018, sehingga pada waktunya nanti, kita tidak terlalu sibuk dan pusing dikejar pekerjaan yang tertunda dan menumpuk,” ujar Sekretaris PA Cikarang.
Dari hasil evaluasi, maka yang akan menjadi focus pekerjaan pada Sub bagian Kepegawaian & Ortala dalam menghadapi akhir tahun dan awal tahun yaitu : menganalisa kembali DUK, Laporan Tahunan Kepegawaian, Laporan Penilaian SKP, Laporan Penilaian Kinerja Pegawai Kontrak sebagai dasar perpanjangan kontrak, Laporan Statistik Pegawai, Konsep Program kerja kepegawaian dan Jadwal Kegiatan yang menunjang tupoksi, Kendali KNP, Kendali KGB, Analisis Jabatan, Analisis Beban kerja, memperbaharui Seluruh SK, membuat SKP awal Tahun, SPMJ, Pakta Integritas, Job Deskription, surat masuk terutama surat keluar beserta dengan pengantarnya atau tanda terimanya agar didokumentasikan dengan baik, apalagi yang berkaitan dengan pengiriman laporan.

Selain itu yang menjadi focus evaluasi Sub Bagian Perencanaan, IT dan Pelaporan yaitu Pastikan laporan e-monev dja dan bappenas telah dilaksanakan, meski aturan pengerjaannya per 3 bulan, diharapkan diimplementasikan tiap bulan, dalam rangka lomba SIPP, lomba inovasi dan lomba website Pengadilan, diharapkan perhatian besar dari Kasubag PTIP untuk berkordinasi dengan Kepaniteraan dalam peningkatan SIPP, namun karena kewenangan kepaniteraan, maka kasubag PTIP harus lebih focus pada pemenuhan kriteria Kinerja Website dan Inovasi, Kasubag PTIP harus membuat laporan review atas SOP, dan SAKIP, dituangkan dalam notulen, daftar hadir dan undangan, membuat Hasil Pengukuran Kinerja, Data Dukung Anggaran 2019, mempersiapkan laporan Tahunan dan LKJIP, membuat Konsep Program Kerja agar dapat dirapatkan pada akhir tahun 2018, setelah menerima DIPA, segera dibuat konsep Rencana Kebutuhan dan penarikan anggaran tahun 2019, begitupun Surat masuk, terutama surat keluar beserta dengan pengantarnya atau tanda terimanya agar didokumentasikan dengan baik, apalagi yang berkaitan dengan pengiriman laporan.
Dan yang terakhir Fokus pada Sub Umum dan keuangan yaitu mengenai PSP dan Penghapusan harus selesai dalam bulan ini, Laporan Keuangan Tahun 2018 harus mulai dikonsep, agar dapat difinalkan setelah tanggal e-rekon awal januari ,jangan sampai melebihi lagi batas waktu, maksimal 15 Januari telah dikirimkan. Laporan BMN Tahun 2018 agar disiapkan, dokumen-dokumen keuangan yang menjadi tanggung jawab PPSPM dan Bendahara agar dilengkapi, SPM,SP2D,SPTJM, Bukti Pajak dan lampiran lainnya segera dimasukan dalam bundlenya, untuk Laporan PNBP agar diadministrasikan seperti biasa, dan dirutinkan upload laporan PNBP setiap bulan ke dalam website, untuk ceklist kebersihan dan keamanan jangan ditunda-tunda, agar betul-betul dikordinasikan dengan OB dan Satpam, Laporan Realisasi anggaran agar diprint out setiap setelah rekon tiap bulan.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas untuk itu, Sekretaris mengingatkan menghimbau kepada seluruh kasubag, bendahara pengeluaran dan staff agar bekerja dengan sungguh-sungguh buat progress agar seluruh pekerjaan dapat selesai tepat waktu, terus semangat dalam bekerja. Agar bekerja dengan penuh semangat semangat sehingga rezeki yang diperoleh dari Allah ini sebagai PNS dapat menjadi berkah.

Semoga dengan evaluasi kinerja ini apabila ada kekurangan dalam pekerjaan dapat diperbaiki, kesuksesan dalam bekerja dapat ditingkatkan dan dapat menjadi supporting unit yang baik bagi kinerja intitusi Pengadilan Agama Cikarang.

Redaktur : Diana