Seputar Peradilan

AUDIT KINERJA DAN INTEGRITAS

OLEH BADAN PENGAWASAN MARI DI PA CIKARANG

 

pa-cikarang.go.id | 19 Oktober 2018


Pada Selasa sampai dengan Jum’at Tanggal 16 - 19 Oktober 2018, Pengadilan Agama Cikarang mendapatkan Kunjungan Pemeriksaan Tim Bawas. Kunjungan ini berdasarkan Surat Tugas Ketua Badan Pengawasan mahkamah Agung RI. Hadir sebagai Tim pemeriksa Kinerja dan Integritas di PA Cikarang sebanyak 5 orang yang terdiri dari Bapak Pratondo sebagai Hakim Tinggi Pengawas, Bapak Sumasno sebagai Hakim Tinggi Pengawas, Bapak Baidawi sebagai Kasubag Kelembagaan dan pelaporan, Ibu Letty Puspitosari sebagai Auditor dan Bapak Agustaja Tiyusandy sebagai staff pada Sekretariat Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI.


Pelaksanaan Pemeriksaan Kinerja dan Integritas dimaksudkan untuk mengukur Penyelenggaraan manajemen peradilan diantaranya bidang Pengaturan dan pengurusan masalah organisasi, administrasi dan finansialserta untuk menjamin tertib administrasi peradilan yang baik dan benar sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terutama Para Pencari keadilan.


Area Pemeriksaan Kinerja dan Integritas meliputi Pelayanan Publik, keuangan perkara, dan PNBP. Selain dari itu pengukuran kualitas standard pelayanan, sarana dan prasarana pelayanan, penanganan pengaduan, penilaian kinerja, penyelesaian perkara, integritas aparatur Pengadilan, kualitas lingkungan kerja dan budaya organisasi , pengawasan melekat dan Zona Integritas , menjadi bagian objek pemeriksaan.


Alhamdulillah, dari pemeriksaan yang telah dilalui selama 4 hari tidak ada temuan yang bersifat mayor. Dengan adanya Pemeriksaan kinerja tersebut maka Pengadilan Agama Cikarang dapat mengetahui area mana yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan. Semoga pelaksanaan Pengawasan ini menjadi kebaikan dalam peningkatan kinerja serta integritas aparatur dan institusi Pengadilan Agama Cikarang dalam upaya Pelayanan Prima kepada masyarakat pencari keadilan.

Dari hasil ekspose terbatas pemeriksaan Kinerja dan Integritas dari Tim Bawas, maka Ketua PA Cikarang akan menindaklanjuti hasil temuan tersebut yang akan diawali dengan ekspose Hasil Pemeriksaan pada hari Rabu mendatang.


Redaktur : Diana