Seputar Peradilan

APLIKASI E-COURT GUNA MEWUJUDKAN PROSES PERADILAN YANG MODERN

 

pa-cikarang.go.id |

Dalam rangka mendukung proses percepatan penyelesaian perkara di Pengadilan sesuai dengan Perma 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara elektronik, President University bekerja sama dengan Pengadilan Agama Cikarang , President Legal Clinic, dan Perhimpunan Advokad Indonesia Cabang Cikarang menggelar Sosialisasi E-Court dengan tema E-Court Guna mewujudkan Proses Peradilan yang Modern : Aplikasi dan Kendala.


Bertempat di Auditorium Gedung B President University Jababeka Cikarang pada hari Jum’at tanggal 07 September 2018 dengan dihadiri oleh Handa S. Abidin, S.H, LL.M,Ph.D sebagai Vice Rector for Communication and Partnerships, Dra. Fennieka Kristianto, S.H, M.H,M.A,M.Kn sebagai Head Of Law Study Program ,Timotius Noto Susilo, SE,S.H,M.M,M.Kn sebagai Lecturer of Law Study Program , para Dosen ilmu hukum, dan para Mahasiswa ilmu Hukum pada President University serta dihadiri seluruh Jajaran Hakim pada Pengadilan Agama Cikarang. Selain itu, suksesnya acara ini adalah berkat hadirnya Ketua Pengadilan Agama Cikarang DR. H. Acep Saifuddin, S.H, M.Ag sebagai Narasumber.

Acara dibuka dengan resmi, dalam sambutan pembukaan oleh Vice Rector for Communication and Partnerships disampaikan apresiasi yang tak terhingga kepada Pengadilan Agama Cikarang yang telah berperan aktif dalam mensukseskan acara dalam memberikan ilmu dan pencerahan tentang implementasi Perma 3 Tahun 2018 ini.

Adanya Sosialisasi E-Court ini sangat disambut antusias oleh Para Advokad yang terhimpun dalam Peradi DPC Cikarang. Hal ini dapat mempermudah dalam hal berperkara di Pengadilan. Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pengadilan Agama Cikarangpun memberikan sambutan. Menurut Dr. Acep Saifudin S.H, M.H, Elektronik court ini merupakan bentuk reformasi Mahkamah Agung di bidang teknologi informasi dalam sistem peradilan. Sebelumnya Mahkamah Agung telah mengeluarkan PERMA Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik. “PERMA tersebut memberikan payung hukum bagi implementasi aplikasi E-Court”. Aplikasi e-court memiliki tiga fitur utama yaitu pendaftaran perkara, pembayaran panjar uang perkara dan penyampaian pemberitahuan dan pemanggilan persidangan secara elektronik, dan akan terus dikembangkan. “Tujuan pelaksanaaan e-court dapat membuat peradilan menjadi lebih modern , efektif dan efisien,” jelas Acep Saifudin.


Red : Diana