Seputar Peradilan

PA CIKARANG PERINGATI HUT MAHKAMAH AGUNG RI

 

Bertempat di Halaman Gedung Kantor Pengadilan Agama Cikarang Upacara memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI digelar. Dengan mengenakan kaos olah raga, seluruh Peserta upacara dengan khikmad mengikuti upacara tersebut. Walau Peringatan ini jatuh pada hari minggu, namun tidak menutup semangat para Pegawai PA Cikarang dalam memenuhi kewajiban sebagai Abdi Negara di Lembaga Peradilan ini.

Usai dibacakan visi dan misi Mahkamah Agung oleh Petugas upacara, selanjutnya Ketua PA Cikarang Dr. H. Acep Saifuddin, S.H, M.Ag menyampaikan Pidato sambutan dari Ketua Mahkamah Agung RI. Dalam Sambutannya beliau menyampaikan bahwa peringatan ini merupakan momentum yang harus menjadi bahan renungan dan evaluasi bagi kita semua terhadap apa yang telah dicapai dan lakukan selama 1 tahun ke belakang. Sebagai Pemberi Layanan Publik, para Hakim dan seluruh aparatur dituntut untuk bekerja lebih keras lagi dan menjunjung integritas dan profesionalitas aparatur dalam membangun kepercayaan publik. Untuk mewujudkan lembaga peradilan yang unggul dengan salah satu parameternya yaitu peradilan yang efektif dan efisien diwujudkan dengan pemanfaatan teknologi informasi yang diyakini memberikan keuntungan dari segi kecepatan, konsistensi , ketepatan dan keandalan. Salah satu terobosan terpenting Mahkamah Agung saat ini yaitu dengan adanya aplikasi SIPP, SIAP, dan E-Court yang terdiri dari E-Filling, E-Payment dan E-Summons. Semua itu tentunya harus didukung dengan maksimalisasi Hardware, Software dan Brainware (SDM).

Selain itu, Teknologi semakin berkembang dan iramanya harus dapat diikuti oleh seluruh Hakim dan Aparatur Peradilan dalam rangka melaksanakan tugas-tugasnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena inilah saatnya teknologi kita abdikan untuk keadilan.

Dalam Momentum Hari Jadi Mahkamah Agung ke-73 ini, Ketua Mahkamah Agung RI mencanangkan “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi” sesuai tema sambutan yang diusung. Oleh Karenanya Ketua PA Cikarang berharap agar di Era ini seluruh Aparatur PA Cikarang dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan teknologi Informasi sehingga lebih adaptif dengan sistem elektronik yang ada untuk menunjang pelaksanaan tugas secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Usai Upacara , dilanjutkan kegiatan senam pagi dan foto bersama.

 

(Red : DR )