Seputar Peradilan

Visi dan Misi Mahkamah Agung serta Visi dan Misi  bahkan Kebijakan Mutu PA Cikarang sangat menaruh harapan terhadap Pengembangan Sumber Daya Manusia, Hal itu ditandai dengan senantiasa mengembangkan Reformasi Birokrasi yang salah satu areanya yaitu Penguatan Sumber Daya Manusia Aparatur.  Pengembangan SDM bagi suatu organisasi merupakan perwujudan dan soko guru implementasi pelayanan prima bagi masyarakat Pencari keadilan sekaligus meningkatkan kepercayaan terhadap lembaga Peradilan. Untuk itu diperlukan sebuah Perubahan kearah yang lebih baik.

Sebuah perubahan dalam sebuah organisasi merupakan suatu hal yang niscaya dilakukan. Perubahan merupakan suatu business process sebagai dampak dari modernisasi memerlukan peningkatan keahlian Sumber Daya Manusia , karena kebutuhan utama dewasa ini yaitu  standarisasi pemahaman sistem kerja. Berangkat dari hal tersebut, maka dipandang perlu untuk mencari metoda / cara baru mengenai Pengembangan Sumber Daya Manusia.

 

 

Selain  itu, berdasarkan hasil evaluasi dan analisis Kepuasan terhadap Pencari keadilan yang ada di Pengadilan Agama, maka didapatlah sebuah isu strategis mengenai Program Pengembangan SDM di PA Cikarang, hal ini telah menjadi prioritas dan tertuang dalam Program Kerja PA Cikarang Tahun 2018.  Oleh Karenanya Sekretaris PA Cikarang Diana Risnawati, S.Sos, M.H dalam menjalankan Program Kerja tersebut membuat sebuah Terobosan baru / Inovasi dalam rangka Implementasi Program Pengembangan SDM PA Cikarang yang dikemas menjadi sebuah kegiatan yang dinamakan Kegiatan "Coffee Morning" dan "Usulan Diklat  melalui Tim Baperjakat". Sekali Dayung, dua  dan tiga pulau terlampaui, sebuah kiasan bahwa program ini  kemudian dimanfaatkan oleh Sekretaris PA Cikarang sebagai Proyek Perubahan yang merupakan salah satu syarat menyelesaikan Diklatpim III pada Pusdiklat Mahkamah Agung RI.

Implementasi Program Pengembangan SDM di PA Cikarang ini telah didukung dan diapresiasi oleh Ketua PA Cikarang DR. H. Acep Saifuddin, S.H, M.Ag,  serta didukung dan  disepakati bersama oleh seluruh jajaran Pimpinan dan seluruh Pegawai PA Cikarang serta mendapatkan support yang baik dari Tim efektif. Tim efektif telah menyusun kegiatan yang tertuang dalam time schedule dan alhamdulillah, kegiatan-kegiatan Coffee Morning dan usul Diklat telah berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Dengan adanya metode baru ini menambah semangat dan antusias pegawai dalam mengikuti kegiatan dan Program Pengembangan SDM tersebut akan terus berjalan menjadi sebuah rutinitas dalam rangka peningkatan kinerja sehari-hari dan dalam rangka peningkatan kapasitas dan kapabilitas Pegawai PA Cikarang.

Red : DR